Disporapar Kabupaten Tebo Mengucapkan "Selamat Ulang Tahun Provinsi Jambi ke-61 Bersama Kita Tingkatkan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Berkelanjutan Menuju Jambi Tuntas 2021"

Kawasan Goa Harimau dan Goa Kelelawar yang sering di kunjungi MAPALA




 Kawasan Goa Harimau dan Goa Kelelawar
Lokasi Gua Harimau & Kelelawar berada di Desa Muara Kilis berdekatan dengan Air Terjun Gajah Mati. Jaraknya kurang lebih 800 M dari air terjun. Selain goa, di lokasi tersebut juga ditemukan lima buah kolam dengan diameter masing kurang 20 m. konon ceritanya kolamini adalah tempat pemandian gajah. Satu kolam terletak di bawah air terjun dan satunya lagi di atas air terjun.

(1) Aktivitas Wisata
Pengunjung yang datang ke Air Terjun Gajah Mati biasanya juga mendatangi kawasan Goa Harimau, Goa Kelalawar dan Kolam Pemandian Gajah karena lokasinya yang berdekatan. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah mengamati dan menikmati alam sambil mengabadikan moment dengan berfoto. Untuk menuju Kawasan Goa Harimau, Goa Kelawar, dan Kolam Pemandian Gajah sama halnya dengan menuju Air Terjun Gajah Mati dimana pengunjung bisa melakukan trekking atau menggunakan motor trail yang kemudian dilanjutkan dengan trekking. Namun perjalanan tersebut akan lebih panjang dibandingkan pengunjung yang hanya mencapai Air Terjun Gajah Mati saja.

Fasilitas Wisata
Fasilitas makan & minum berupa warung dan restoran berada di luar kawasan daya tarik wisata, yiatu di sepanjang jalan perusahaan Wira Karya Sakti (WKS) yang letak warung satu dengan yang lainnya berjauhan, dan kawasan pusat kegiatan Kecamatan Tengah Ilir, yaitu Simpang Niam, dimana adanya rumah makan yang menjual beragam makanan.  Untuk fasilitas akomodasi hanya terpusat di Kecamtan Tebo Tengah.

Aksesibilitas
Goa Harimau, Goa Kelelawar, dan Kolam Pemandian Gajah di Dusun Benteng Makmur Desa Muara Kilis berjarak 55,8 km dari Kecamatan Tebo Tengah sebagai Ibukota Kabupaten Tebo yang merupakan sebagai titik akhir perjalanan transportasi darat antar kota dalam provinsi (AKAP) di masing-masing pool kendaraan travel, 184,8 km dari Kota Jambi sebagai Ibukota Provinsi Jambi, 92,8 km dari Bandar Udara Bungo,  45,8 km dari Desa/Kelurahan Bedaro Rampak di Kecamatan Tebo Tengah sebagai kawasan pusat akomodasi terdekat, dan 15,8 km dari pusat kegiatan dan fasilitas terdekat, Simpang Niam.Moda transportasi yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menuju Goa Harimau, Goa Kelelawar, dan Kolam Pemandian Gajah di Dusun Benteng Makmur Desa Muara Kilis yaitu kendaran pribadi atau sewa dari Kota Jambi yang kemudian dilanjutkan dengan kendaran motor trail dan trekking. Kondisi jalannya berupa tanah coklat dan saat musim hujan akan menjadi berlumpur dan ada genangan air di beberapa titik.

Pengelolaan
Pengelola di objek daya tarik ini sama dengan Air Terjun Gajah Mati, yaitu Pemerintah Desa Muara Kilis, kebijakan yang berlaku untuk para pengunjung pun sama.



Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger][google]

Author Name

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Portal Website Disporapar Kabupaten Tebo, tinggalkan kesan dan pesan positif anda untuk perkembangan website ini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.