Disporapar Kabupaten Tebo Mengucapkan "Selamat Ulang Tahun Provinsi Jambi ke-61 Bersama Kita Tingkatkan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Berkelanjutan Menuju Jambi Tuntas 2021"

KABUPATEN TEBO JUARA II FESTIVAL OLAHRAGA TRADISIONAL TINGKAT PROVINSI JAMBI

(Minggu,08 April 2018) Kabupaten Tebo Mengikuti Kegiatan Tahunan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi Jambi. Olahraga yang dibawakan oleh Atlet-atlet dari Kabupaten Tebo yaitu berjudul “bermain dibulan purnama, suruk-surukan sarung” Kabupaten Tebo menyabet juara 2 di Festival Olahraga Tradisional Ini. olahraga yang di tampilkan adalah olahraga kreasi yang berasal dari daerah pinggiran sungai BATANGHARI  Kabupaten Tebo



Adapun cara permainan ini  di mainkan sebagai berikut :

BABAK  1
Dalam permainan ini mereka di bagi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok A (berjumlah 5 orang) dan kelompok B (berjumlah 5 orang). Permainan diawali dengan lompat tarik sarung yang ditumpangi oleh pihak yang menang. Dalam pertandingan ini peserta nyang kalah mencapai garis finish dialah yang akan menjadi “Penjaga” dan yang menang akan digendong memakai kain sarung dan diarak – arak.


BABAK  2
Dalam babak ini peserta akan berlomba lompat kodok. Dalam permainan ini peserta yang kalah akan menjadi “Penjaga” dalam permainan suruk – surukan dan peserta yang menang akan tidur telentang diatas sususnan kain sarung dan diarak –arak. Kemudian permainan suruk – surukan dimainkan dan yang menjadi penjaga adalah pihak yang kalam dalam perlombaan lompat kodok diatas.

BABAK 3


Dalam babak ini peserta akan berlomba menggendong. Pihak yang digendongadalah  pihak yang tidak bisa ditekak dalam permainan suruk – surukan pada babak kedua, dan dalam perlombaan inipihak yang kalah akan menjadi “Penjaga” untuk babak berikutnya pihak yang menang akan diayun — ayun memakai kain sarung.




BABAK 4

Dalam babak ini peserta akan berlombaberguling – guling dan peserta yang menang akan diarak — arak dengan berdiri diatas kain dan disinilah berakhir permainan ini karena harl sudah larut. Demikianlah permainan dan olah raga tradisi ini berakhir.







Label:
This is the most recent post.
Posting Lama

Posting Komentar

[disqus][facebook][blogger][google]

Author Name

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Portal Website Disporapar Kabupaten Tebo, tinggalkan kesan dan pesan positif anda untuk perkembangan website ini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.